Dua Varietas Tebu Transgenik Yang Dikembangkan Unej Solusi Permasalahan Lingkungan

Written by on July 11, 2019

Prof. Bambang Sugiharto, Peneliti Tebu PRG Unej.

KRadioJember.com – Pengembangan produk bioteknologi terbukti mampu mengatasi permasalahan di bidang pertanian, salah satunya melalui Produk Rekayasa Genetika (PRG). Seperti pemanfaatan tebu PRG tahan kekeringan di wilayah PT Perkebunan Nusantara XI (PTPN XI). Tebu PRG atau dikenal dengan tebu transgenik ini sudah mendapatkan sertifikat keamanan pangan, pakan dan lingkungan sehinghga bisa dikonsumsi masyarakat secara luas.

Peneliti Tebu PRG, Profesor Bambang Sugiharto menjelaskan, tebu transgenik tahan kekeringan mampu tumbuh di area yang gersang sehingga bisa memiliki produktivitas yang tinggi dibandingkan tebu non transgenik.

Guru Besar Universitas Jember ini menerangkan, tebu transgenik tersebut sudah teruji dari segi keamanan hayati meliputi keamanan pangan, pakan dan lingkungan.

Selain tebu yang mampu mengatasi permasalahan lingkungan akibat kekeringan, pihaknya juga sudah merilis tebu transgenik kedua yaitu tebu dengan produksi gula tinggi. Saat ini varietas ini sedang dikaji oleh Komisi Keamanan Hayati untuk memastikan keamanannya. Jika aman, maka produk tebu transgenik kedua ini bisa segera dikomersialkan kepada masyarakat.

Selain kedua varietas tebu tersebut, varietas tebu selanjutnya yang saat ini masih dalam pengkajian Unej adalah tebu yang tahan terhadap penyakit mosaic tebu. Ciri-cirinya penyakit mosaic tebu, muncul bercak-bercak mosaic pada daun tebu. Jika sudah menyerang, virus penyebab penyakit ini mampu menurunkan produksi hingga 50 persen.(vta)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


[There are no radio stations in the database]