Rekanan: Syarat Lelang Proyek DPU Bina Marga Jember Memberatkan

Written by on June 12, 2019

Rapat Dengar Pendapat antara pihak rekanan, DPU Bina Marga dan DPRD Jember, Rabu (12/6/2019)

KRadioJember.com – Sejumlah rekanan  mengeluhkan proses persyaratan lelang yang disyaratkan DPU Bina Marga Jember. Melalui rapat dengar pendapat (hearing) yang digelar Rabu (12/6/2019) di Gedung DPRD Kabupaten Jember, Forum Masyarakat Jasa Konstruksi  (Formasi) Jember menyampaikan keberatannya.

Dalam hearing tersebut dihadiri Yessiana Arrifah selaku plt DPU Bina Marga Jember, sedangkan dari pihak Unit Layanan Pengadaan (ULP) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK)  tidak hadir.

Ketua Divisi Hukum Formasi, Didik Muzani menjelaskan, pihaknya menilai persyaratan lelang yang diberikan  DPU Bina Marga Jember memberatkan. Ada beberapa persyaratan yang terkesan dipaksakan.

Didik menerangkan, misalnya, untuk persyaratan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) teknisi laboratorium aspal. Ia merasa hal itu sudah berlebihan. Pasalnya, tidak semua rekanan mampu memenuhi syarat tersebut, karena tenaga teknisi laboratorium aspal tersebut hanya dimiliki oleh perusahaan Asphalt Mixing Plant (AMP).

Sementara itu ketua komisi C DPRD Jember, Siswono menjelaskan, proses lelang yang dilakukan DPU Bina Marga Jember dinilai menciderai dan menyimpang dari aturan yang berlaku baik Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 tahun 2018 maupun Peraturan Menteri (Permen) Nomor 7 tahun 2019.

Menurutnya, jika mengacu pada Perpres Nomor 16 tahun 2018 untuk persyaratan lelang seharusnya dipermudah, untuk memberi keleluasaan para rekanan untuk ikut menawar dalam proses lelang tersebut. Alasan lainnya, waktu  lelang dilakukan  di hari libur. Yakni di H-4 lebaran dimana banyak perkantoran sudah libur.

Lebih lanjut, Siswono menambahkan, pihaknya masih menunggu tanggapan dari Dinas terkait. Jika tidak maka pihaknya akan melaporkan ke pihak berwenang.(vta)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


[There are no radio stations in the database]