Kenaikan Harga Daging Ayam Selama Ramadan Diduga Permainan Oknum Pedagang

Written by on June 10, 2019

Mochamad Mu’i, Kasi Ketersediaan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember.

KRadioJember.com – Kenaikan harga daging ayam ras selama Bulan Ramadan di Kabupaten Jember, dinilai Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember, terjadi karena adanya oknum pedagang yang memainkan harga.

Kasi Ketersediaan Pangan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Jember Mochamad Mu’i menjelaskan, pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama peternak mitra untuk menstabilkan harga daging ayam ras selama bulan Ramadan dan Hari Raya. Pihaknya juga sudah memastikan untuk persediaan daging  ayam ras tercukupi selama Ramadan  dan Lebaran.

Namun, seringkali momen seperti ini dimanfaatkan para pedagang untuk menaikkan harga, terutama menjelang lebaran.

Dari sidak yang dilakukan di empat pasar utama di Kabupaten Jember, di Pasar Tanjung harga daging ayam ras saat Ramadan hingga menjelang hari raya mencapai Rp.35.0000 per kilogram. Berbeda dari tiga pasar lainnya, yakni Pasar Wirolegi, Mangli dan Kreongan yang masih di kisaran harga Rp.32.000 per kilogram..

Sebagai bahan evaluasi, Mu’i menerangkan,  pihaknya akan lebih sering mengumpulkan para pedagang dan peternak. Selain itu, pihaknya juga menghimbau agar para pedagang tidak membeli ayam pada tengkulak namun langsung pada peternak mitra yang harganya lebih stabil. (vta)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


[There are no radio stations in the database]