Dispendik Jatim Wilayah Jember Berlakukan Sistem Peringkat Untuk PPDB 2019

Written by on May 15, 2019

Lutfi Isa Anshori, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Jember – Lumajang.

KRadioJember.com – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Jember memberlakukan sistem peringkat dalam Penerima Peserta Didik Baru (PPDB), dan menyediakan kuota 2 persen bagi peserta didik yang ingin bersekolah di luar zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Wilayah Jember Lutfi Isa Anshori, Rabu (15/5/2019) menerangkan, bila melihat tren ditahun 2018 yang lalu siswa yang akan melanjutkan sekolah ditentukan berdasarkan nilai tertinggi UNBK. Sedangkan saat ini peserta didik harus mendaftar sesuai zona yang telah ditentukan.

Menurut Lutfi, berdasarkan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik, disebutkan peserta didik yang akan melanjutkan pendidikan harus memperhatikan sistem peringkat dan jarak tempat tinggal dengan sekolah.

Lutfi menjelaskan, bila masih ada siswa yang menginginkan untuk bersekolah di luar zona masih bisa. Tetapi, harus melalui jalur prestasi dan disyaratkan memiliki nilai tinggi.

Dengan aturan tersebut, masing-masing sekolah hanya diberikan jatah 2 persen dari jumlah pagu atau kuota untuk menerima siswa dari luar zonasi. Sehingga, wali murid bisa mempertimbangkan hal tersebut.

Ia menambahkan, dengan sistem baru ini diharapkan, kedepannya siswa yang akan melanjutkan pendidikan tidak lagi membedakan sekolah satu dan lainnya. Karena pada dasarnya semua sekolah di suatu wilayah memiliki kualitas yang sama.(nga)

Tagged as

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


[There are no radio stations in the database]