Kesadaran Masyarakat Diperlukan Dalam Pengembangakan Objek Wisata Di Jember

Written by on May 16, 2018

Kepala TNMB Ir. Khalid Indarto.

KRadioJember.com – Pengembangan objek wisata kawasan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang berdekatan dengan kawasan pemukiman penduduk, membutuhkan keterlibatan masyarakat dan juga Pemerintah Desa.

Kepala TNMB Ir. Khalid Indarto menjelaskan, masyarakat memiliki kontribusi yang sangat besar dalam mengoptimalkan obyek wisata di wilayahnya. Meskipun diakui, masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang pengembangan wisata.

Khalid mencontohkan, seperti saat musim penghujan datang, kebanyakan satwa liar turun dari gunung menuju ke rumah-rumah penduduk. Bukannya dijaga kelestariannya, kondisi tersebut justru dimanfaatkan untuk memburu satwa-satwa tersebut, bahkan terkadang dengan menggunakan senapan.

Hal itu diakui Khalid, berbeda dengan masyarakat Banyuwangi. Keterlibatan masyarakat di Banyuwangi dalam mengoptimalkan objek wisata lebih baik dibandingkan  masyarakat Jember. Mereka mampu mengoptimalkan fasilitas seperti transportasi, penginapan, kuliner dan fasilitas pendukung lain.

Khalid menambahkan, berbagai pihak juga harus ikut terlibat dalam pengembangan wisata misalnya pemerintah desa. Hal yang bisa dilakukan seperti dengan mengeluarkan sebuah kebijakan melalui Peraturan Desa (Perdes). (vta)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


K Radio Jember 102.9 FM

K Radio Jember

Current track
TITLE
ARTIST