Panwaskab Temukan Dugaan Pelanggaran Pemilu Yang Dilakukan Wabub Jember Saat Kunjungan Kampanye Puti Guntur Soekarno

Written by on March 13, 2018

Wakil Bupati Jember Muqiet Arief bersama Puti Guntur Soekarno saat ziarah di makam Kyai Haji Siddiq, di Jember Senin (12/3/2018).

KRadioJember.com – Senin (12/3/18) calon Wakil Gubernur Jawa Timur pasangan nomor urut 2 Puti Guntur Soekarno melakukan kunjungan ke Kabupaten Jember dalam rangka kampanye. Dari beberapa titik yang dikunjungi Puti, Panwas kabupaten Jember menemukan dugaan pelanggaran yakni keterlibatan pejabat negara dalam kampanye tersebut.

Anggota Panwaskab Jember, Andhika Firmansyah, Selasa (13/3/2018) menuturkan  dugaan pelanggaran dalam kampanye yang ditemukan Panwaskab Jember, adalah kehadiran Wakil Bupati Jember Muqit Arief di salah satu tempat yang dikunjungi oleh Puti. Saat itu calon wakil gubernur yang mendampingi Syaifullah Yusuf tersebut tengah melakukan ziarah di makam Kyai Haji Siddiq. Bahkan berdasarkan pantauan petugas panwas yang hadir saat itu, Wabub datang kelokasi makam dengan masih menggunakan pakaian dinas lengkap.

Atas temuan tersebut, saat ini Panwaskab  Jember terus mengkaji  dugaan keterlibatan pejabat negara dalam rangkaian kampanye diluar masa cuti ini.

Andhika menjelaskan, merujuk pada Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada ketika Paslon atau tim kampanye dengan sengaja melibatkan pejabat negara dalam hal ini Bupati atau Wakil Bupati, maka dapat dikenai sanksi pidana.

Untuk memperjelas keterlibatan Wabub Jember dalam kunjungan Puti ke Makam Kyai Haji Siddiq ini, pada hari Rabu (14/3/2018) besok Panwaskab akan memanggil tim kampanye serta Wabup Muqqit Arief.  Hal Ini bertujuan untuk mendengarkan klarifikasi dari kedua pihak yang dihadirkan. Agar Panwaskab dapat menimbang  apakah kejadian tersebut masuk dalam ranah pelanggaran dengan sanksi pidana atau sanksi administrasi .

Lebih lanjut Andhika menambahkan jika nantinya dari proses klarifikasi tersebut  Panwaskab menyimpulkan bahwa tindakan itu masuk ranah pidana, maka selanjutnya akan diproses oleh sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu).(don)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


K Radio Jember 102.9 FM

K Radio Jember

Current track
TITLE
ARTIST