Bio-Pelet Kulit Kopi Solusi Bahan Bakar Alternatif Terbarukan

Written by on March 13, 2018

Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, Dr. Soni Sisbudi Harsono, M. Eng., M.phil

KRadioJember.com – Limbah kopi berupa kulit kopi selama ini msih belum dikelola dengan baik. Sebagian dari petani kopi masih membuang limbah kulit kopinya. Namun di tangan  Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, Dr. Soni Sisbudi Harsono, M. Eng., M.phil, limbah kulit kopi ini mampu disulap menjadi bahan bakar. Salah satu riset yang dihasilkannya, limbah kopi dimanfaatkan sebagai pelet dan briket sebagai bahan bakar alternative energi terbarukan berbasis Zero Waste. Dalam ukuran kecil berbentuk pelet dan dengan ukuran lebih besar berbentuk briket. Dengan penggunaan bakar alternatif ini diharapkan bisa meminimalisir penggunaan bahan bakar fosil seperti LPG.

Menurut Dr Soni, cara pembuatan pelet ataupun briket yaitu dengan memperkecil ukuran limbah. Awalnya limbah kulit kopi dikeringkan dengan sinar matahari. Kemudian diselep untuk memperkecil ukurannya. Setelah itu, dicampur dengan adonan sejenis tepung untuk merekatkan bahan.

Saat ini, bahan bakar berupa pelet dan briket dari kulit kopi ini sudah diterapkan di Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo Jember.

Sony menerangkan, semua limbah pertanian dapat dimanfaatkan sebagai briket maupun pellet, bahkan limbah sayuran. Semua limbah dapat diolah dengan konsep mengurangi kadar airnya. Karena risetnya ini, Kepala Laboratorium Rekayasa Alat Mesin Pertanian Universitas Jember ini diundang ke Vietnam, Filipina dan berbagai kota di Indonesia sebagai narasumber berbagai Seminar dan Workshop.(vta)

Tagged as

Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


K Radio Jember 102.9 FM

K Radio Jember

Current track
TITLE
ARTIST