DPD Nasdem Jember Beri Pendampingan Pemuda Berprestasi Yang Terjerat Kasus Hukum

Written by on March 12, 2018

Anggota DPRD Jember dari Fraksi Nasdem, David Handoko Seto (kiri) bersama Hendra (tengah) yang saat ini tengah terjerat kasus jual beli lobster under size.

KRadioJember.com – DPD Partai NasDem Jember memberikan bantuan hukum terhadap Hendra, 24 tahun pemuda yang terjerat kasus jual beli lobster under size yang kasusnya saat ini ditangani Polres Jember. Hendra sendiri merupakan pemuda yang memiliki prestasi dalam dunia perikanan. Ia pernah menjadi juara pertama wirausaha mandiri kategori teknologi non digital dengan mengangkat teknologi penetasan telur. Saat ini yang bersangkutan juga tergabung bersama indigo incubator untuk membangun penguasaha Start up, yang kegiatannya berhubungan dengan solusi  pengembangan budi daya serta pembesaran Lobster untuk masyarakat.

Kepada K-Radio Hendra menjelaskan, teknologi yang ia kembangan bersama timnya lebih mengkhususkan untuk pembesaran Lobster dan penetasan telurnya. Dimana Sebelumnya sudah dilakukan riset rekayasa lingkungan di kolam buatan yang bertujuan membuat Lobster senyaman mungkin sehingga dapat berkembang biak. Sedangkan untuk pembesarannya, juga berdasarkan hasil riset tentang hubungan pakan dan juga  sanitasi agar bisa memberikan progres pertumbuhan yang paling baik untuk lobster dalam kolam buatan.

Hendra menambahkan, paska dirinya ditangkap pihak berwajib, ia  mengaku belum tau tentang  kelanjutan budidaya Lobster yang ia lakukan. Ia merasa sudah berinvestasi dengan modal yang banyak dan semua alat – alat juga sudah di sita oleh kepolisian. Menurutnya, dalam usaha ini ia bekerjasama dengan masyarakat dengan memberikan keuntungan  sekitar 40 % dari total keuntungan bersih.

Sementara itu, David Handoko Seto, anggota DPRD Jember dari Fraksi NasDem, mengatakan, terkait kasus Hendra pihaknya akan tetap mengawal proses hukumnya. Saat ini penangguhan penahanan juga sudah dilakukan sehingga yang bersangkutan bisa menjadi tahanan rumah. Menurut David, memang tidak semata – mata kasus tersebut akan lepas dari proses hukum, karena memang ada hal yang dilanggar secara Undang – undang.  Namun Partai Nasdem tetap akan mengkawal kasus ini karena melihat potensi besar yang dimiliki oleh Hendra. David pun optimis Hendra bisa menjadi salah satu pionir pemuda kreatif yang mampu  meningkatkan perekonomian masyarakat.

Diberitakan, Hendra Selasa (6/3/2018) ditangkap unit Satpolair Polres Jember karena diduga sebagai pengepul atau penampung lobster under size dan juga lobster yang sedang bertelur, di pesisir pantai Dusun Jeni, Desa Kepanjen, Kecamatan Gumukmas,  Bersama Hendra, polisi mengamankan barang bukti berupa 4.105 ekor udang lobster under size dan 85 ekor lobster yang bertelur. Ia terjerat pasal Pasal 92 juncto pasal 88 UU RI No 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.(bat)


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


K Radio Jember 102.9 FM

K Radio Jember

Current track
TITLE
ARTIST